7 Dosa Sosial

Berikut Mahatma Gandhi pernah berpesan pada bangsanya:

  • Perniagaan tanpa moralitas
  • Politik tanpa etika
  • Sains tanpa humanitas
  • Peribadatan tanpa pengorbanan
  • Kekayaan tanpa kerja keras
  • Pengetahuan tanpa karakter
  • Kesenangan tanpa nurani

Sosial tak ubahnya nilai abstrak antara mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Dimana kepuasan setiap insan manusia terletak disana. Dan yang akan mempengaruhi masyarakat atau orang banyak. Sosial juga memiliki tujuan yaitu mencapai kesejahteraan bagi setiap orang. Tapi, sejahtera tidak mengenal istilah untung atau rugi.

Saya tidak mafhum apakah dulu Mahatma Gandhi pernah mengirimkan “7 Dosa Sosial” itu ke email atau sekedar mengirim surat via pos ke bangsa saya. Oh, atau mungkin Mahatma Gandhi salah menuliskan alamat ke negara saya, sehingga email atau surat itu entah sampai ke negara mana.

Kalau Mahatma Gandhi mengatakan kejahatan seperti itu adalah Tujuh Dosa Sosial. Lalu hasil bumi negaraku yang hilang entah kemana, 32,5 juta rakyat miskin , Biaya pendidikan yang semakin mahal, Kriminalitas yang sudah menjadi kegemaran, Harga kebutuhan pokok yang terus naik, Ketidak tegasan hukum. Apakah semuanya itu termasuk “Dosa Sosial”?

Iklan

About Agung Budi Prasetya

ennthewee adalah seorang rakyat jelata dengan pertanda nama "Agung Budi Prasetya". saya ingin membagi kisah kepada temen-temen dimana setiap petikan dari hidup ini dapat memberikan makna bagi kita agar dapat menjadi referensi bagi kehidupan kedepan yang lebih baik, Amin... Lihat semua pos milik Agung Budi Prasetya

2 responses to “7 Dosa Sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: