Sisi lain dari kejujuran dan menghasut

Apakah yang akan temen- temen lakukan jika kita diperlakukan kurang profesional (mengenai kejujuran) terhadap suatu kinerja orang dan apapula respon dari temen-temen jika jerih payah kita berusaha digagalkan oleh hasutan-hasutan melalui belakang kita?

Marah?

Membalasnya?

Diam saja?

  • Profesional

Profesional selamanya akan dipakai dimana saja dan kapanpun. Karena, ketidakprofesionalan akan mengundang tanda tanya bagi para pelaku yang terlibat. Selamanya tanda tanya itu tidak akan bersifat positif karena ada pihak yang merasa dirugikan. Akan lebih bertanya-tanya lagi apabila ketidakprofesionalan itu berkaitan dengan yang namanya kejujuran. Mungkin orang yang dibuat begitu akan menghujatnya, bahkan mengklaim orang yang terlibat seperti: tidak adil lah, curang lah, atau apapun itu. Boleh jadi proses yang mereka kerjakan sudah benar dan tidak ada penyimpangan, tetapi kurang jujur atau kurang keterbukaan dalam suatu hal akan mengakibatkan orang lain akan berpikiran yang tidak-tidak. Apalagi orang lain merasa dirugikan dalam suatu perkara tersebut. Padahal berprasangka buruk terhadap orang lain dalam agama adalah perbuatan yang dilarang.

  • Penghasut

Entah disadari atau tidak, menghasut adalah perbuatan yang bermental tempe menurutku. Menghasut modal utamanya adalah mulut. Seseorang akan dinilai dari ucapan dan tindakannya. Sebetulnya bukan perkara yang sulit untuk mengalahkan seorang penghasut sejati. Penghasut akan membutuhkan energi dan waktu yang lebih untuk mewujudkan apa yang diinginkannya. Penghasut harus pandai-pandai mengutarakan maksudnya agar orang lain menurut padanya. Karena setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing untuk menerima baik-buruk suatu masalah.

  • Sisi lain

Dibalik itu semua, kurang prosesional dan penghasutan terhadap kita kadang membuat kita menjadi setengah ikhlas untuk menerimanya. Dan sampai sekarang aku masih merasakannya. Akan tetapi, semuanya akan menjadi lebih baik apabila kita menerimanya sebagai hal pembelajaran bagi kita. Orang yang melakukan itu semua mungkin mereka tidak menyadarinya atau mereka memiliki pandangan tersendiri yang menurut mereka itu sudah benar. Tugas kita adalah bagaimana hal serupa dapat kita antisipasi seminimal mungkin dan tetap menjalin persaudaraan buat mereka yang telah lalai. Karena lebih baik tidak menambah koleksi musuh daripada musuh berdatangan bagi kita.

Iklan

About Agung Budi Prasetya

ennthewee adalah seorang rakyat jelata dengan pertanda nama "Agung Budi Prasetya". saya ingin membagi kisah kepada temen-temen dimana setiap petikan dari hidup ini dapat memberikan makna bagi kita agar dapat menjadi referensi bagi kehidupan kedepan yang lebih baik, Amin... Lihat semua pos milik Agung Budi Prasetya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: